Visi Program Studi Pendidikan Kimia adalah “Menjadi Program Studi Unggul dalam Bidang Pendidikan Kimia Berlandaskan Falsafah Tri Hita Karana di Asia pada Tahun 2045.” Visi program studi ini konsisten dengan visi jurusan kimia, FMIPA dan Undiksha karena ada kata-kata kunci yang berulang, yaitu kata unggul, berdasarkan falsafah Tri Hita Karana, di Asiadan tahun 2045. Misi program studi adalah (1) menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran kimia yang bermartabat untuk menghasilkan sumber daya manusia yang kompetitif, kolaboratif, dan berkarakter dalam bidang pendidikan kimia, (2) menyelenggarakan penelitian dalam bidang kimia dan pendidikan kimia yang kompetitif, kolaboratif, dan inovatif untuk pengembangan dan penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi, dan (3) menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang kimia dan pendidikan kimia yang kompetitif, kolaboratif, akomodatif, dan inovatif untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Visi program studi diturunkan dari visi jurusan kimia, FMIPA, dan Undiksha yang didasarkan atas tiga kewajiban dosen, yaitu tridharma perguruan tinggi. Demikian juga, tujuan program studi terdiri atas tigaaspek yang merupakan tridharma perguruan tinggi. Sasaran program studi juga dikelompokkan berdasarkan tiga aspek, yaitu tridharma perguruan tinggi, ditambah lagi satu aspek umum yang berupa akreditasi BAN PT dan sertifikasi AUN. Dengan demikian, ada keterkaitan antara visi, misi, tujuan, dan sasaran program studi.Tata pamong program studi berjalan berdasarkan tata pamong Undiksha. Program studi dipimpin oleh seorang Koordinator Program Studi yang membawahienam koordinator kelompok keilmuan. Dalam menjalankan tugas-tugasnya, koordinator program studi membagikan tugas-tugas kepada koordinator kelompok keilmuansesuai dengan bidang keahliannya. Kepemimpinan program studi meliputi penjabaran visi dan misi ke dalam RKT, penetapan organisasi pengelola, dan pelibatan dosen-dosen dalam seluruh kegiatan. Sistem pengelolaan program studi dimulai dengan perencanaan kegiatan yang dilakukan dalam rapat program studi, penugasan dosen untuk melaksanakan kegiatan, pengarahan tugas-tugas oleh Koordinator Program Studi, dandiakhiri dengan monev. Sistem penjaminan mutu program studi dilakukansecarainternal maupun eksternal. Secara internal, penjaminan mutu dimulai dari tingkat Undiksha oleh PJM, di tingkat fakultas dan jurusan oleh GKM, dan di tingkat program studi oleh Koordinator Program Studi. Secara eksternal, penjaminan mutu program studi dilakukan oleh pemerintah melalui BAN-PT.Kreativitas dan kemandirian mahasiswa dalam bidang akademik dan non-akademik tergolong baik.Mahasiswa mampu meraih banyak hibah PKM.Berkaitan dengan layanan yang diterimanya, mahasiswa merasa sangat puas karena layanan yang tersedia seperti beasiswa, klinik kesehatan, dan bimbingan konselingmudah diakses dan dilakukan secara profesional.Rata-rata lama studi mahasiswa 52,81 bulan, penyelesaian skripsi 7,82bulan, dengan rata-rataIPK 3,23.Data tersebut mengindikasikan perlu dilakukan pembenahan pada regulasi penyelesaian tugas akhir. Sebagian besar lulusan telah bekerja sesuai dengan bidang keahliannya, dengan lama masa tunggu sekitar 2,85 bulan.Menurut penilaian pengguna (user), kinerja lulusan program studitergolong baik dan sangat baik, kecuali keterampilan bahasa Inggrisnya masih perlu ditingkatkan.Perekrutandan pemanfaatan dosendantenagakependidikandiprogram studi dilaksanakansesuai peraturan perundangan dan POS. Kinerja dosen dan tenaga kependidikan di-monevmenggunakan POS. Hasil monev dijadikan acuan perbaikan vpenyelenggaraan program studi.Program studimemiliki 11 dosen tetap dalam program studidan 7 dosen tetap luar program studi, 2 orang laboran/PLP dan 1 orang tenaga administrasi. Jumlah, kualifikasi, kompetensi dosen dan tenaga kependidikan sangat memadai untuk mengasuh 224 orang mahasiswa. Dosen dan tenaga kependidikan dan laboran/PLP memiliki aktivitas yang sangat baik.Kurikulum program studi sudah mengacu pada SNPT dan KKNIserta visi Undiksha yang berlandaskan pada falsafah Tri Hita Karana. Demikian juga, kurikulum program studi sudah menyiapkan profil lulusan utama yaitu pendidik dan peneliti pendidikan kimia yang dilengkapi dengan profil pengelola laboratorium dan wirausahawan kimia untuk ketahanan survival lulusan. Konten dasar kurikulum kompetensi kimia dan pembelajaran kimia cukup memadai, demikian juga paket-paket pilihan wirausaha yang setiap paket meliputi tambahan kimia praktis dan perencanaan kewirausahan dengan total bobot 9 sks yang cukup memadai dengan terus meningkatkan kelas billingual. Pembelajaran dan suasana akademik mengimplikasikan sinergi paradigma belajar student-centered, konstruktivis, saintifik, transformatif, dan self-directed learning. Pembiayaan kegiatan di program studibersumber dari PNBP (UKT) mahasiswa, hibah penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan beasiswa mahasiswa. Pengalokasian dana PNBP oleh universitas maupun fakultas ditetapkan dalam rapat pimpinan. Pengelolaan dana di program studi dilakukan secara otonom sesuai kebutuhan dan skala prioritas, selanjutnya digunakan secara efektif dan akuntabel. Untuk keberlanjutan kegiatan program studi setiap tahun menerima dana dari PNBP lembaga, dan usaha penambahan dana melalui hibah kompetisi. Sarana dan prasarana yang mendukung kegiatan pendidikan di program studi berupa ruang kuliah, laboratorium, perpustakaan,dan lain-lain sangat cukup dan layak digunakan. Program studi mengelola beberapa ruang dan memanfaatkannyasesuai dengan kebutuhan, sekaligus melakukan pemeliharaan terhadap ruangan tersebut. Beberapa ruangan dan fasilitas yang digunakan bersama antar-program studiatau antar-fakultas, pengelolaan dan pemeliharaannya dilakukan oleh fakultas atau universitas. Fasilitasjaringan intranet dan internet dalam pemanfaatan sistem informasi di program studisangat memadai dan banyak digunakan oleh mahasiswa dan dosen dalam mendukung kegiatan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Sistem informasi yang dikelola oleh UPT TIK Undiksha terus dikembangkan sesuai dengan kebutuhan di tingkat program studi, fakultas, maupun universitas.Dosen program studi produktif melaksanakan pengabdian dan penelitian yang dananya bersumber dariDIPA Undiksha, Pemda, dan Kemenristekdikti. Penelitian dan pengabdian yang dilakukan revelan dengan bidang ilmu dosen, yaitu pendidikan kimia dan ilmu kimia. Produk-produk penelitian banyak dimanfaatkan oleh sekolah maupun masyarakat umum. Umumnya hasil penelitian dijadikan bahan pengabdian kepada masyarakat. Dalam melaksanakan penelitian dan pengabdian dosen selalu melibatkan mahasiswa. Produk penelitian dan pengabdian juga dipublikasikan dalan jurnal nasional maupun internasional, disajikan dalam seminar nasional dan internasional, dan didaftarkan untuk memperoleh paten dan hak cipta. Selain dosen, mahasiswa juga melakukan penelitian dan pengabdian. Program studi menjalin dan memanfaatkan kerjasama yang dijalin oleh fakultas MIPA maupun Undiksha denganberbagai instansi baik dalam negeri maupun luar negeri. Kerjasama ini terjalin atas dasar saling menguntungkan kedua belah pihak. Kegiatan kerjasama ini dimonitoring dan dievaluasi oleh Kantor Urusan Internasional dan Kerjasama Undiksha.

Evaluasi Diri Borang bisa diunduh di sini